Surat Al-Fatihah, surat yang paling agung di dalam Al-Quran. Seorang muslim minimal harus membacanya 17x dalam sehari, yang mana hal ini menunjukkan kepada keagungan dan pentingnya surat ini. Namun pertanyaannya: sudah pahamkah kita terhadap kandungannya? Coba kita renungkan, kaum muslimin -semoga Allah merathati kalian-, banyaknya terjadi maksiat merupakan salah satu tanda bahwa banyak dari kaum muslimin tidak memahami kandungan surat ini. Karena seandainya kaum muslimin meresapi kandungan surat yang agung ini niscaya ketaatan kepada Allah akan menyebar ke seluruh penjuru dunia dari ufuk timur sampai ke ufuk barat. Berikut ini adalah cara mengamalkan surat Al-Fatihah -tentunya dengan terlebih dahulu memahami kandungannya- yang disadur dari kitab Al-Quran Tadabbur Wa ‘Amal (القرآن تدبر وعمل):

  • Berdoalah kepada Allah, dan mulailah doa dengan pujian dan sanjungan kepadaNya sebagaimana engkau memulai bacaan surat Al-Fatihah (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ), kemudian mintalah dariNya apa-apa yang engkau inginkan sebagaimana engkau mengakhiri bacaan surat Al-Fatihah (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ).
  • Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling agung dalam Al-Quran, dan merupakan surat yang paling sering engkau baca, maka bacalah tafsirnya dari kitab tafsir para ulama dan perbanyaklah mentadabburinya.
  • Pilihlah perkumpulan dengan orang-orang baik dan perbanyaklah kebersamaan dan interaksi bersama mereka (صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ).

Muroja’ah: Al-Ustadz Ahmad Ya’kub&Al-Ustadz Fauzan Azhiimaa -حفظهما الله-